4 Cara Mengamankan Website Dari Serangan Hacker

Bukan hanya fokus pada konten yang Anda buat saja tapi Anda juga harus tau cara mengamankan website dari serangan hacker. Dalam penggunaan website, salah satu permasalahan yang perlu untuk selalu diwaspadai yaitu akan adanya hacker. Hacker sendiri artinya yaitu pihak yang dapat menerobos sistem keamanan pada sebuah jaringan.

Namun, tidak jarang pula tindakan yang mereka lakukan menjadi merugikan bagi orang lain. Maka dari itu, penting untuk Anda mencari cara mengamankan website dari serangan hacker agar tidak terjadi hal-hal yang sifatnya merugikan. Apalagi jika Anda memiliki website yang melibatkan transaksi, seperti toko online.

Hal ini juga perlu agar ketika Anda mendapatkan cara daftar Adsense, sehingga apa yang ada di dalam website Anda tidak disalah gunakan.

Berikut ini ada empat cara cukup ampuh yang dapat Anda lakukan untuk melindungi website dari hacker:

Perbarui Software dan Platform yang Anda Gunakan

Cara Mengamankan Website Dari Serangan Hacker

Cara mengamankan website dari serangan hacker yang paling dasar untuk dilakukan yaitu selalu memperbarui software dan juga platform yang digunakan. Misalnya seperti CMS yang memiliki cukup banyak plugin yang memberikan berbagai keuntungan.

Namun, jika Anda merasa malas untuk selalu memperbaruinya maka akan lebih rentan terhadap serangan dari hacker. Setiap pembaruan plugin biasanya juga akan ada pembaruan terhadap source code.

Jika Anda tidak pernah memperbarui, maka hacker akan dengan mudah menemukan source code lama yang masih terpasang pada website Anda.

Buat dan Selalu Ganti Password Yang Kuat

Cara Mengamankan Website Dari Serangan Hacker

Salah satu cara mengamankan website dari serangan hacker yang paling mudah untuk dilakukan yaitu selalu memperbarui password dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, menggunakan kombinasi password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain juga akan membantu memberikan keamanan atas website.

Pastikan password yang digunakan kuat dan sulit untuk ditebak sehingga meningkatkan keamanan.

Anda juga bisa menggunakan website generator password seperti LastPass, dengan menggunakan website generator Anda bisa tahu seberapa kuat password yang Anda gunakan dan seberapa lama hacker bisa memecahkan password tersebut

Pasang URL HTTPS Pada Website Anda

Cara Mengamankan Website Dari Serangan Hacker

Bagi Anda yang masih menggunakan website dengan jenis HTTP, disarankan untuk segera mengubahnya menjadi HTTPS sebagai cara mengamankan website dari serangan hacker.

Dalam memasang HTTPS ini, Anda perlu untuk memasangkan SSL Certificate yang berfungsi sebagai pengaman dari pertukaran data yang terjadi di dalam website.

Sertifikat ini juga dapat berpengaruh pada mesin pencarian Google karena mereka cenderung untuk lebih memberikan rekomendasi artikel berdasarkan website yang sudah bersertifikat SSL atau belum. Hal ini demi memberikan keamanan kepada para penggunanya.

Anda bisa juga membeli sertifikat SSL di IDCloudHost dengan mengklik link ini SSL IDCloudHost.

Pasang Security Plugin

Cara Mengamankan Website Dari Serangan Hacker

Bagi Anda yang menggunakan CMS di dalam sistem website, memasang Security Plugin merupakan cara mengamankan website dari serangan hacker yang paling mudah untuk dilakukan. Pemasangan ini membuat Anda tidak harus memahami secara dalam terkait dengan teknis dari perlindungan website dari hacker ini.

Terdapat berbagai macam pilihan Security Plugin yang dapat digunakan, diantaranya yaitu iThemes Security, Akismet, Wordfence Security, Shield Security, dan juga SecuPress Free.

Sementara itu, untuk CMS Magento dapat menggunakan Watching Pro, MageFence, atau Amasty. Untuk Joomla terdapat beberapa yang juga dapat dipasang yaitu RSFirewall, JhackGuard, dan JomDefender.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda dapat menggunakan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Apakah kamu sudah memutuskan mana cara mengamankan website dari serangan hacker yang paling tepat untuk digunakan? Selalu usahakan untuk websitemu dalam keadaan yang aman. Hal ini juga akan melindungi datamu sehingga tidak tersebar ke tangan orang yang salah.

Kesimpulan

Bukan hanya pengamanan website saja yang perlu diutamakan tapi juga pemilihan server harus diutamakan, apakah Anda menggunakan VPS ataupun Shared Hosting juga berpengaruh dalam keamanan website.

Pengamanan website dari serangan hacker sangatlah penting apalagi website Anda sudah menjadi website besar, pasti banyak sekali tangan jahil yang ingin mencoba menguji kekuatan website Anda dengan melakukan hacking.

Tinggalkan komentar