Apa Itu Backlink Dan 3 Fungsinya

Apa itu Backlink? Backlink merupakan sebuah tautan dari situs web atau halaman lain yang mengarahkan pengunjung ke situs web Anda atau sebaliknya. Backlink dijadikan sebagai sinyal untuk memancing mesin pencari agar mengetahui konten Anda sesuai dengan kata kunci terkait.

Backlink sering digunakan oleh para pakar SEO sebagai salah satu cara meningkatkan peringkat website di Google. Bagi Anda yang ingin menerapkan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu backlink dan fungsi dasarnya.

Apa Itu Backlink Sebenarnya Dan Pengaruh Ke Situs?

Apa Itu Backlink

Apabila sebuah situs menerapkan backlink yang tepat maka jumlah pengunjungnya akan meningkat. Peningkatan jumlah pengunjung juga dapat menaikkan rating situs Anda. Situs Anda akan dinilai sebagai situs terpercaya. Selain itu backlink juga dapat meningkatkan lalu lintas situs dan memperluas audiens.

Biasanya yang paling banyak memasang backlink adalah perusahaan advertorial di berbagai media online. Mereka juga bekerja sama dengan blogger yang aktif dan memiliki jumlah penggemar yang banyak.

Fungsi Backlink

Setelah mengetahui apa itu backlink, maka selanjutnya yang harus diketahui adalah fungsi backlink. Strategi SEO sangat mementingkan peran dari backlink. Seperti yang diketahui bahwa mesin pencari akan melakukan teknik crawling setiap waktu guna menemukan situs web yang sesuai dengan kata kunci pencarian.

Meningkatkan Reputasi Website di Search Engine

Google menjadikan backlink sebagai salah satu indikator dalam menentukan popularitas situs web. Oleh karena itu semakin banyak backlink yang Anda peroleh dari situs lain maka semakin tinggi pula nilai situs Anda. Hal ini juga akan meningkatkan reputasi baik Anda menurut Google.

Google melakukan berbagai pertimbangan untuk menampilkan situs Anda pada halaman paling atas pencarian. Ketika audiens mencari kata kunci tertentu maka Google berusaha untuk menampilkan situs paling kredibel dan informatif kepada pengguna.

Meningkatkan Kredibilitas Situs Web

Misalnya Anda memiliki website dengan niche wisata, maka akan lebih baik apabila Anda mendapatkan backlink dari situs web lain  dengan niche yang sama namun lebih populer. Setelah Anda mendapatkan backlink dari mereka, maka secara otomatis Google akan menilai situs web Anda kredibel karena mendapatkan backlink dari situs web besar dan terpercaya. Jadi, pastikan Anda mencari situs web yang memiliki Domain Rating terbaik dan sesuai dengan niche website Anda.

Meningkatkan Traffic Website

Backlink memang dapat meningkatkan traffic website. Hal ini terjadi apabila situs pemberi backlink telah memiliki banyak pengunjung. Backlink yang berasal dari situs web besar dan populer akan memberikan dampak positif untuk situs Anda. Pengunjung situs Anda akan meningkat karena audiens disarankan dari situs yang populer.

Kesimpulan

Jika Anda sudah memahami apa itu Backlink mungkin Anda akan butuh cara menanam backlink berkualitas.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu backlink dan fungsinya. Apabila Anda berminat untuk menggunakan backlink, maka pastikan lebih dulu niche yang senada dengan situs web pemberi backlink.

Tinggalkan komentar