Bagaimana SEO Bekerja? Berikut Penjelasannya!

Anda pasti tahu bahwa SEO merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam pengembangan website. Nah, bagaimana SEO bekerja? Simak penjelasan singkatnya!

Apa Itu SEO?

Bagaimana SEO Bekerja

SEO merupakan teknik digital marketing sebagai cara meningkatkan peringkat website di Google. Search Engine Optimization atau SEO dilakukan guna mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencarian seperti Google. Apabila website berada pada tingkatan paling atas maka akan mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak sehingga website akan semakin dikenal.

Peningkatan traffic pengunjung website tentu dapat dimanfaatkan lebih lanjut guna berbagi informasi, branding, meningkatkan kepercayaan, jualan dan metode menghasilkan uang lainnya. Seperti yang diketahui bahwa mesin pencari seperti Google menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan peringkat website. SEO yang relevan dapat menyesuaikan konten website Anda dengan algoritma Google dan mendapatkan peringkat.

Bagaimana SEO Bekerja

Bagaimana SEO bekerja? Pengguna internet dapat menemukan website Anda dengan menggunakan kata kunci tertentu. Jadi, pastikan Anda menggunakan kata kunci yang tepat pada konten tulisan sehingga mudah disaring oleh mesin pencari. Google akan memberikan informasi yang relevan sesuai dengan kata kunci.

Mesin pencari seperti Google dapat menjadi sumber yang andal dalam menampilkan website yang relevan. Proses yang terjadi dalam mesin pencari tidak sederhana. Mesin pencari bekerja sebelum Anda mengetikkan kata kunci di kolom pencarian dan menekan tombol Enter.

Ada tiga tugas utama SEO, yakni:

  1. Crawling yang terjadi di tahap awal dengan mengumpulkan informasi dari seluruh website, dari satu halaman ke halaman lainnya dan dari satu link ke link lainnya.
  2. Indexing merupakan proses penyimpanan informasi yang telah dikumpulkan di entry list.
  3. Ranking yakni hasil peringkat yang ditampilkan secara berurutan pada pencarian paling relevan.

Tipe Trafik SEO

Ada tiga jenis trafik SEO yang dapatkan meningkatkan rangking website kita dimata Google, yakni:

Quality Traffic

Semakin banyak pengunjung situs yang menjadi pembeli maka semakin baik kualitas trafik yang diperoleh. Hal ini tentunya berlaku bagi website bisnis. Tingkat konversi bisa dijadikan acuan untuk penentuan kualitas trafik website. Tingkat konversinya tergantung dengan tipe dan tujuan bisnis. Pengunjung yang hanya mengakses website dan mencari tahu produk yang ditawarkan juga turut berperan untuk menciptakan trafik yang baik.

Quantity of Traffic

Jumlah trafik dihitung berdasarkan jumlah pengunjung yang masuk dan mengakses situs. Meskipun begitu, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan yakni pengunjung situs, durasi kunjungan dan page view.

Organic Traffic

Tipe trafik ini adalah yang paling disukai oleh sebagian besar pemilik website. Selain gratis, trafik ini juga dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung situs. Persaingan untuk mendapatkan trafik organik cukup ketat sehingga Anda harus menerapkan praktik SEO yang baik guna membuahkan hasil yang memuaskan.

Kesimpulan

Dari topik diatas kita bisa ambil kesimpulan bahwa SEO bekerja dengan mencari kata kunci yang telah disematkan dalam sebuah web ataupun artikel. Dengan begitu Google akan dengan cepat menemukan mana artikel yang relevan atau yang sesuai dengan kata kunci yang pengunjung sedang cari.

Bagi Anda pengguna CMS seperti WordPress, Anda bisa menggunakan plugin Rank Math atau plugin Yoast agar bisa memasang kata kunci pada website ataupun artikel Anda dengan mudah. Sekian penjelasan mengenai bagaimana SEO bekerja. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar