4 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Belajar Cara Membuat Aplikasi Android

Bagi Anda para pemula yang ingin tahu cara membuat Aplikasi Android, Anda lebih baik memiliki persiapan terlebih dahulu. Persiapan ini berupa pengetahuan dasar lain yang akan memudahkan Anda membuat aplikasi.

Bisa dibayangkan contohnya saat Anda harus coding dengan bahasa pemrograman tertentu, tapi Anda tidak tahu soal logic bahasa tersebut. Hal ini tentu tidak bagus. Jadi lebih baik, pastikan dulu berbagai hal penting yang bisa mendukung sebelum terjun melakukannya.

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa hal yang penting Anda lakukan sebelum mulai belajar buat aplikasi Android. Berikut adalah bahasannya:

Pastikan Belajar Bahasa Pemrograman Java

Untuk Anda yang ingin tahu cara membuat aplikasi Android, ada baiknya belajar tentang bahasa program Java. Bahasa ini lebih umum digunakan untuk buat aplikasi Android. Karena itu, pastikan belajar ini dulu sebelum mendalami lebih soal aplikasi.

Banyak tutorial Android Studio yang membutuhkan Anda belajar bahasa ini dulu. Jika di basic platform saja butuh bahasa program ini, bagaimana dengan platform yang lebih advance? Jadi pastikan latihan dulu basic bahasa coding ini.

Gunakan Platform Pembuatan Aplikasi yang Mudah Digunakan

Banyak tool buat aplikasi yang tidak harus menggunakan programing manual. Beberapa ada yang bisa menggunakan rangkaian logic yang siap dipakai. Tool seperti ini akan lebih friendly bagi pemula. Tapi biasanya juga ada pilihan advance yang juga bisa digunakan.

Ada 2 platdorm yang biasa Etigos gunakan untuk build aplikasi Android antara lain Android Studio dan Visual Studio.

Sebelum menggunakan platform tersebut pastikan Anda cari tahu platform – platform tersebut agar bisa lebih mudah belajar. Jika fokus mempelajari satu platform dan tool, Anda tidak akan bingung memproses dan mempelajari banyak hal sekaligus.

Sebisa Mungkin Fokus Tentang Apa yang Dipelajari

Sebelum mulai belajar buat aplikasi Android, selalu ketahui apa tujuan Anda belajar. Apakah ingin buat aplikasi untuk jual beli, aplikasi massage atau game? Tergantung aplikasi yang ingin Anda buat, prosesnya bisa berbeda.

Karena itu, Anda tidak boleh asal belajar. Cari tutorial yang mengajarkan tentang pembuatan aplikasi yang diinginkan. Mempelajari tutorial yang khusus seperti ini akan lebih baik daripada belajar general yang belum tentu pas seperti keinginan Anda.

Jangan Asal Cari Tutorial

Jika ingin belajar cara membuat aplikasi Android, ada baiknya Anda pertimbangkan dulu akan pakai tutorial yang mana. Di internet banyak pilihan tutorial yang bisa digunakan. Tapi tidak semuanya mampu membantu.

Untuk pilih tutorial yang bagus, ketahui dulu keperluan Anda. Apakah Anda cari tutorial yang gratis? Berbayar? Via video atau teks? Tergantung preferensi, pilihannya ada banyak. Setelah menentukan pilihan, barulah Anda research.

Biasanya tutorial yang bagus adalah yang berbahasa asing. Selain itu, pastikan ada link ke resource pelajaran lain seperti buku, reverensi video dan lainnya. Tutorial yang seperti ini bisa memastikan Anda belajar lebih lancar nantinya.

Kesimpulan

Untuk memulai Coding silahkan Anda download terlebih dahulu platform yang sudah Etigos sebutkan diatas dan jangan lupa sediakan cemilan!!

Etigos menyarankan Anda menggunakan Android Studio karena platform ini memang dirancang untuk mengembagkan aplikasi berbasis Android.

Tinggalkan komentar