Belajar Codeigniter: 6 Keunggulan yang Bisa Anda Dapatkan Dari Codeigniter

Apakah Anda mengenal framework Codeigniter, jika Anda belum mengenalnya mari kita sama-sama belajar Codeigniter. Sebelum memulainya kita berkenalan dulu dengan framework Codeigniter.

Codeigniter merupakan framework PHP dengan ukuran ringan dan dapat Anda gunakan secara gratis karena bersifat open-source. Framework yang satu ini juga cukup efektif untuk mengembangkan aplikasi maupun website. Cara pengoperasiannya pun tergolong mudah.

Meskipun Codeigniter dapat digunakan secara gratis, namun ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan dalam hal library dan package. Sebab itulah, merancang website dengan Codeigniter bisa jauh lebih mudah.

Kehadiran framework membawa kemudahan tersendiri dalam membuat website. Anda tak perlu memulai segalanya dari awal, cukup dengan memanfaatkan fitur yang tersedia dari framework untuk mengembangkan website.

Dari banyaknya framework yang digunakan oleh developer, Codeigniter merupakan salah satunya. Baik setelah Anda pahapm apa itu Codeigniter mari kita lanjutkan ke topik mengapa harus belajar Codeigniter.

Alasan Mengapa Anda Harus Belajar Codeigniter

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa cara menggunakan Codeigniter bukanlah hal rumit. Anda hanya perlu belajar dasar-dasarnya saja. Nah, berikut ini adalah keunggulan sekaligus alasan mengapa Anda harus belajar Codeigniter.

Dapat dipelajari dengan mudah

Codeigniter adalah framework yang menawarkan kemudahan bagi pemula sekalipun. Anda bisa menuliskan kode dengan efektif karena kosep coding pada framework ini cukup sederhana. Bahkan, Anda bisa membuat sebuah kode yang dapat digunakan secara berulang.

Ringan

Beberapa framework mungkin memiliki ukuran file yang cukup besar, sehingga berat saat dijalankan pada PC atau laptop. Namun, Codeigniter memiliki ukuran file yang kecil, sehingga ringan saat dijalankan.

Konfigurasi yang sederhana

Selain ukurannya yang ringan, Codeigniter memiliki konfigurasi yang sederana. Untuk menggunakan berbagai library bawaan Codeigniter, Anda hanya perlu mengubah beberapa kodenya saja, sehingga proses pengembangan website dapat berjalan dengan cepat.

Mudah diitegrasikan

Keunggulan lain dari Codeigniter adalah mudah diintegrasikan dengan framework lain. Karena pengelolaan library yang lebih mudah, maka pembuatan website dengan framework ini pun kinerjanya jauh lebih mudah.

Memiliki arsitektur yang rapi

Codeigniter yang menggunakan konsep Model View Controller (MVC) untuk arsitekturnya terlihat lebih rapi dan terstruktur. Berkat penggunaan MVC ini, kode yang dibuat dalam Codeigniter jauh lebih mudah dibaca.

Keamanan yang baik

Keamanan adalah salah satu aspek penting dalam pengembangan website maupun aplikasi. Website dan aplikasi yang tidak aman cenderung lebih mudah diretas. Jika hal ini terjadi, tentu ada banyak kerugian yang bisa Anda rasakan.

Namun, Anda tak perlu khawatir soal keamanan jika menggunakan Codeigniter. Sebab framework yang satu ini dilengkapi dengan fitur enkripsi yang dapat melindungi data penting.

Website Indonesia Yang Pakai Codeigniter

Ternyata di negara Indonesia juga sudah banyak website yang menggunakan framework Codeigniter untuk membangun websitenya, dari statik yang kami dapatkan bahwa dinegara Indonesia sudah ada sekitar puluhan ribu pengguna framework Codeigniter untuk membangun websitenya.

Contoh website di Indonesia yang menggunakan Codeigniter

Versi dan Perkembangan Codeigniter

  • Codeigniter 1 oleh EllisLab (sudah tidak dikembangkan)
  • Codeigniter 2 oleh BCIT (sudah tidak dikembangkan)
  • Codeigniter 3 oleh BCIT (masih dikembangkan)
  • Codeigniter 4 oleh Codeingter Foundation (versi saat ini)

Versi Mana Yang Bagus Untuk Memulai Belajar Codeigniter

Etigos menyarankan versi Codeigniter 4 karena versi ini adalah versi terbaru dan pasti akan ada penerusnya maka dari itu lebih baik kita belajar langsung ke versi yang lebih baru.

Tapi tidak ada salahnya juga untuk belajar Codeigniter 3 karena versi ini juga masi sering dapat pembaruan dari segi framework. Codeigniter 3 yang dirilis oleh BCIT ini sebenarnya ditargetkan untuk pengguna PHP 5 tapi seiring pembaruan Codeigniter 3 juga sudah bisa digunakan di versi PHP 7

Untuk Codeigniter 4 sendiri sudah mendukung PHP versi 7 keatas dan juga akan banyak modul yang bakalan timbahan kedepannya di Codeigniter 4.

Kesimpulan

Itulah keunggulan dari Codeigniter yang perlu Anda tahu sebelum mencari cara menggunakan Codeigniter secara lebih lanjut. Jadi tunggu apalagi ayo kita mulai belajar Codeigniter dari sekarang. Anda juga bisa belajar mengenai Framework Laravel.

Tinggalkan komentar