Cara Membuat Mata Uang Kripto Sendiri di Tahun 2021

Bagaimana cara membuat mata uang kripto? Bagaimana cara kerja mata uang kripto? Bagaimana cara membuat mata uang kripto sendiri? Semua pertanyaan ini pasti sering sekali terlintas dikepala kita.

Jangan khawatir Saya punya semua jawaban yang terlintas di kepala Anda. Terus baca topik ini karena Saya akan menjawab semua yang saya ketahui tentang mata uang kripto dan bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

Sebelum menjawab tentang cara membuat mata uang kripto Anda sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari tentang masa depan mata uang kripto ini.

Apa Itu Mata Uang Kripto? Definisi Dasar

Pertama-tama, kita kembali terlebih dahulu ke dasar untuk mengetahui apa itu mata uang kripto?

Mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan sebuah kriptografi yang sangat kuat untuk mengamankan seluruh transaksi keuangan, mengontrol penciptaan unit tambahan, dan juga menverifikasi transfer aset.

Saat ini sudah banyak sekali mata uang kripto yang beredar dipasar, salah satunya yang paling terkenal adalah Bitcoin, Ehtereum, Binance, Litecoin, Ripple, Stellar, Dogecoin, Cardano, Eos, Tron dan masih banyak lagi. Mata uang kripto menggunakan kontrol terdesentralisasi sebagai lawan dari mata uang digital terpusat dan sistem perbankan sentral.

Kontrol desentralisasi dari masing-masing mata uang kripto bekerja melalui teknologi ledger terdistribusi atau yang biasa disebut blockchain. Blockchain sendiri berfungsi sebagai basis data transaksi keuangan publik

Sekarang, Apa itu Mata Uang Kripto?

Mata uang kripto ini bisa kita anggap seperti mata uang normal namun bedanya mata uang kripto tersedia di platform digital dan diterima secara universal diseluruh dunia. Beda halnya dengan mata uang fisik yang hanya berfungsi di negara tertentu.

Apa Itu Mata Uang Kripto? Deskripsi Lanjutan

Mata uang kripto tidak memiliki uang kertas, tetapi mereka memiliki koin. Terkadang ada juga orang yang binggung membedakan antara token dan koin.

Jadi, apasih sebenarnya perbedaan antara token dan koin dalam mata uang kripto?

Tiga perbedaan utama antara token dan koin adalah:

  1. Koin adalah bagian dari satu blockchain sementara itu token beroperasi diblockchain yang ada.
  2. Token terbatas pada industri atau komunitas tertentu sedangkan koin bisa digunakan dimana saja.
  3. Koin bisa digunakan untuk membeli token, sedangkan token tidak bisa digunakan untuk membeli koin.

Mari kita sederhanakan menggunakan skenario dikehidupan nyata. Jika Anda pergi ke supermarket secara teratur, Anda bisa saja mendapatkan poin loyalitas untuk pembelian yang sering Anda lakukan. Dengan poin ini, Anda bisa menebus hadiah yang telah disediakan oleh supermarket tersebut. Bisa kita bilang point loyalitas adalah penghargaan yang ditawarkan oleh supermarket tersebut.

Sekarang kita bisa ambil kesimpulan bahwa untuk mendapatkan poin loyalitas tersebut kita harus menggunakan uang kertas asli. Jadi kita bisa sebut uang asli ini adalah sebuah koin sedangkan poin loyalitas adalah token pada mata uang kripto.

Yang intinya adalah Anda bisa mendapatkan poin loyalitas dengan menggunakan koin, tetapi Anda tidak bisa membeli koin menggunakan poin loyalitas.

Memulai Bisnis Anda Dengan Mata Uang Kripto?

Sekarang pasti Anda sudah cukup paham tentang apa itu mata uang kripto dan bagaimana cara penggunaannya. Dan mungkin sekarang muncul lagi pertanyaan, apakah bisnis Anda benar-benar membutuhkan mata uang kripto? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini saya akan kembali menanyakan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini kepada Anda, dan Anda akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang butuhkan bisnis Anda menggunakan amta uang kripto:

  • Apakah bisnis Anda menajalankan bisnis online atau bisnis Anda berada di Internet?
  • Apakah pendapatan bisnis Anda lebih banyak berasal dari pembayaran digital dari pada uang tunai?
  • Akankah opsi pembayaran online dapat meningkatkan jumlah pelanggan Anda?
  • Apakah Anda berencana mempertahankan bisnis Anda selama beberapa tahun kedepan?

Oke, untuk pertanyaan terakhir adalah pertanyaan retoris. Jika semua pertanyaan yang saya berikan Anda menjawab “YA” maka bisnis Anda membutuhkan mata uang kripto yang terintegrasi.

Manfaat Membangun Mata Uang Kripto Anda Sendiri:

  • Mengurangi Resiko Penipuan
  • Anonimitas Setiap Transaksi
  • Biaya Operasional Lebih Rendah
  • Akses Ke Basis Data Pelanggan Baru
  • Keamanan Yang Sangat Terjamin
  • Transaksi Kemana Saja Dengan Mudah dan Cepat

Bagaimana Cara Membuat Mata Uang Kripto?

Saya sangat yakin sekarang Anda siap untuk membuat mata uang kripto milik Anda sendiri. Tanpa membuang waktu, mari kita langsung ke proses langkah demi langkah cara membuat mata uang kripto Anda sendiri.

Langkah 1. Pilih Mekanisme Konsensus

Mekanisme konsensus adalah sebuah protokol yang menganggap setiap transaksi tertentu sah dan dapat menambahkan blok.

Langkah 2. Pilih Platform Blockchain

Pilihlah platform blockchain yang tepat untuk bisnis Anda, ini juga berpengaruh terhadap konsesus yang Anda pilih. (Saya menyarankan gunakan platform blockchain yang berada di top 10 Coinmarketcap).

Langkah 3. Mendesain Node

Anda harus mulai memutuskan cara kerja dan fungsionalitas blockchain Anda dan mulai mendesain node yang sesuai. Misalnya, apakah izin yang dibutuhkan akan bersifat pribadi atau publik?

Menempatkan blockchain Anda dihosting cloud atau menggunakan server sendiri, atau bisa juga keduannya? Anda juga harus mempertimbangkan tipe hardware server Anda sebelum memulai membangun blockchain sendiri.

Langkah 4. Buat Arsitektur Internal Blockchain

Pastikan tentang semua aspek yang Anda butuhkan sebelum meluncurkan blockchain Anda, karena nanti Anda tidak dapat mengubah beberapa parameter blockchain setelah Anda luncurkan dan berjalan di server Anda.

Keputusannya bisa sesederhana format alamat apa yang akan diikuti blockchain Anda untuk menyediakan pertukaran antara berbagai mata uang kripto tanpa perantara pihak ketiga.

Langkah 5. Integrasi API (Application Programming Interface)

Bebeberapa platform blockchain tidak menyediakan API yang sudah dibuat sebelumya, jadi pastikan blockchain Anda meyediakan API. Jika Anda tidak bisa menyediakan API, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa penyedia API blockchain dari pihak ketiga.

Langkah 6. Merancang Antarmuka UI (User Interface)

Membangun mata uang kripto kelas dunia tidak ada gunanya jika antarmuka website Anda tidak bagus. Anda harus memastikan bahwa website Anda memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk menangani pengguna yang banyak nanti.

Anda juga harus mempertimbangkan untuk mendesain front-end dan back-end website Anda dengan baik agar nanti dimasa mendatang, Anda tidak perlu repot-report untuk mendesain ulang web Anda jika ada peningkatan.

Langkah 7. Jadikan Mata Uang Kripto Anda Legal (Resmi)

Pastikan mata uang kripto yang Anda buat sudah patuh pada hukum dan peraturan mata uang kripto internasional.

Dengan membuat mata uang kripto Anda legal maka dimasa mendatang tidak akan ada yang mengusik soal hukum dan mencoba merusak nama besar mata uang kripto yang telah Anda ciptakan.

Mata Uang Kripto Terbaik Yang Sukses Menempati Posisi Atas

Bitcoin

Bitcoin adalah raja mata uang kripto, dimana dulunya mata uang kripto ini dianggap tidak ada artinya dan sekarang terbukti bahwa Bitcoin telah mejadi kiblat dari semua mata uang kripto.

Bitcoin sendiri telah menjadi sinonim dari mata uang kripto sehingga kebanyakan orang lebih memilih menyebut mata uang kripto dengan sebutan Bitcoin.

Ethereum

Ethereum bangga dengan fakta bahwa ia telah menyediakan platform blockchain terdesentralisasi untuk kontrak pintar tanpa waktu henti dari gangguan pihak ketiga dan dari penipuan.

Binance

Binance adalah tempat pertukaran mata uang kripto terbesar didunia dan mereka juga membuat mata uang kripto sendiri dengan nama Binance Coin yang mana dijual belikan di berbagai market diseluruh dunia.

Kesimpulan

Mata uang kripto sangat menjanjikan untuk masa depan dan mungkin dimasa depan kebanyakan orang sudah tidak menggunakan lagi mata uang fisik mereka dan akan lebih memilih menggunakan mata uang kripto.

Untuk membuat mata uang kripto Anda sendiri itu bukanlah hal yang mudah, Anda harus memiliki patner yang mengetahui segala tentang teknologi mata uang kripto. Jika Anda berhasil membuat mata uang kripto sendiri ini akan menjadikan bisnis Anda besar dan mungkin Anda akan terkenal diseluruh dunia.

Baca Juga Artikel Lain 10 Aplikasi Chatting Android Terbaik.

Tinggalkan komentar