Cara Menggunakan Plugin Rank Math di WordPress

Cara menggunakan plugin Rank Math itu tidaklah susah yang bikin susah karena ini plugin paling mudah digunakan dan memberikan saran ke kita agar artikel yang kita tulis sesuai dengan standar SEO.

Rank Math merupakan salah satu plugin gratis yang ada di WordPress SEO. Ada banyak blogger yang menggunakan plugin ini meskipun merupakan plugin pendatang baru. Karena Rank Math akan lebih mudah dipahami ketimbang menggunakan plugin SEO yang lain.

Apa itu Plugin Rank Math

Rank Math adalah plugin Pengoptimalan Mesin Telusur untuk WordPress yang memudahkan siapa saja untuk mengoptimalkan konten mereka dengan saran bawaan berdasarkan praktik terbaik yang diterima secara luas.

Plugin Rank Math akan menyesuaikan setelan SEO penting dengan mudah, kontrol halaman mana yang dapat diindeks, dan tampilan situs web yang Anda inginkan dalam penelusuran dengan data Terstruktur dengan rapi.

Install Rank Math

Cara Menggunakan Plugin Rank Math

Awalnya Anda harus menginstall plugin Rank Math terlebih dahulu.

  • Login ke Dashboard website lalu buka menu Plugin.
  • Kemudian Add new dan ketik Rank Math pada kolom pencarian di kanan atas.
  • Pilih plugin Rank Math dan klik Install Now.
  • Apabila proses instalasi sudah selesai maka klik Activate.

Pada halaman registrasi Rank Math, lakukan pendaftaran dengan klik Connect Your Account. Apabila Anda tidak ingin registrasi maka bisa dilewati saja. Selanjutnya pilih Wizard lalu klik Easy dan Start Wizard. Anda dapat mengatur sendiri hal yang lain jika diperlukan.

Pilih jenis blog Anda lalu klik Save and Continue. Kemudian muncul menu yang menyambungkan website Anda dengan Google search console. Klik Get Authorization code dan ikuti petunjuk. Apabila telah selesai maka klik Return to dashboard. Agar plugin update otomatis maka klik menu Enable auto update of the plugin.

BACA JUGA:  Tutorial Visual Studio dan Fitur Pentingnya untuk Membuat Website

Setting Plugin Rank Math

Cara menggunakan plugin Rank Math dengan beberapa menu setting berikut. Menu di bawah ini juga merupakan cara meningkatkan peringkat website di Google.

  1. Links
    Fungsi menu bagian ini adalah untuk mengatur link yang ada dalam website Anda nantinya.
  2. Breadcrumbs
    Ada pula breadcrumbs yang merupakan link navigasi sehingga memudahkan pengunjung ketika ingin melihat bagian lain dari website Anda.
  3. Images
    Anda bisa mengatur agar Rank Math dapat menambahkan atribut ALT dan atribute title pada setiap image yang ada di artikel. Ini merupakan faktor SEO image yang cukup penting.
  4. Webmaster Tools
    Menu ini digunakan untuk memasukkan kode verifikasi webmaster dari Google search consoler, baidu, bing webmaster dan lainnya.
  5. Edit Robots.Txt
    Pada bagian ini Anda bisa biarkan default kecuali memiliki kode robots.txt sendiri dan ingin digunakan.
  6. Other
    Menu ini juga bisa dibiarkan default kecuali Anda membuka jasa penulis dan ingin memperlihatkan contoh tulisan SEO dengan score terbaik ke calon pembeli.
  7. Edit .Htaccess
    Biarkan menu ini default kecuali Anda sudah mahir, mengerti dan butuh untuk edit file .htaccess.
  8. 404 Monitors
    Ini juga bisa dibiarkan default.
  9. Redirections
    Anda bisa atur redirect secara otomatis di website.

Kesimpulan

Apabila Anda kurang memahami cara mengatur plugin Rank Math, bisa gunakan jasa orang yang lebih mahir. Itulah penjelasan singkat mengenai cara menggunakan plugin Rank Math.

Jika Anda masih kurang paham dengan pengaturan plugin Rank Math Anda bisa mencoba plugin Yoast, baca juga artikel Cara Menggunakan Plugin Yoast di WordPress.

Tinggalkan komentar