Cara Menggunakan Plugin Yoast di WordPress

Cara menggunakan plugin Yoast SEO sebenarnya sangat mudah dan tidak susah. Plugin Yoast biasanya digunakan untuk optimasi website dengan tujuan meningkatkan performa website dalam mesin pencarian. Lantas, bagaimana cara menggunakan plugin Yoast? Berikut penjelasan singkatnya!

Apa Itu Plugin Yoast?

Cara Menggunakan Plugin Yoast

Plugin Yoast merupakan salah satu plugin SEO yang paling dikenal kalangan pengguna CMS WordPress. Konfigurasi dan penggunaan plugin ini sangat mudah dan praktis. Selain itu plugin Yoast juga memiliki banyak fitur yang berguna sehingga memudahkan blogger dalam mengatur fungsi blog WordPress.

Anda dapat menginstall Yoast pada situs WordPress dengan hosting sendiri. Tools yang disediakan juga gratis dan dapat dioperasikan oleh pemula sekalipun. Tools yang disediakan oleh WordPress juga sangat komprehensif. Meskipun ada versi premium, namun fungsi penting plugin Yoast juga bisa diperoleh pada Yoast SEO yang gratis.

Install Plugin Yoast

Plugin Yoast

Cara meningkatkan peringkat website di Google bisa dilakukan dengan menginstall plugin. Cara menggunakan plugin Yoast adalah sebagai berikut. Gunakan menu Plugins, kemudian Add New dari halaman admin WordPress.

  1. Arahkan kursor ke menu plugins, nanti akan muncul add new lalu klik. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman penambahan plugin WordPress.
  2. Pada kolom pencarian di kanan atas, masukkan Yoast Seo.
  3. Setelah muncul, Anda bisa langsung install dan activated.
  4. Apabila plugin telah aktif, Anda akan menemukan menu SEO pada tab di samping layar sebelah kiri.
  5. Masuk ke menu untuk memulai pengaturan plugin.
  6. Halaman plugin Yoast SEO ada pilihan configuration wizard. Klik untuk memulai setting plugin.
  7. Ada beberapa tab menu pada halaman Yoast SEO, pada webmaster tools Anda dapat mengisi kode verifikasi dari beberapa mesin pencarian.

Fungsi Plugin Yoast

Plugin Yoast memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan oleh setiap website seperti membantu performa situs agar lebih maksimal. Plugin Yoast dapat melakukan kontrol pada title dan meta description, melacak seberapa sering menggunakannya, menetapkan keyword sesuai target dan lainnya.

Ada beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh plugin Yoast SEO, yakni:

  1. Plugin Yoast dapat mengubah SEO title dan meta description pada setiap postingan secara otomatis.
  2. Plugin Yoast dapat mengkonfigurasikan Meta Robot.
  3. Plugin Yoast dapat memverifikasi Google Webmaster Tools, Yandex dan Bing.
  4. XML Sitemap yang berfungsi sebagai filter yang memberitahu mesin pencari link yang lebih penting pada website Anda.
  5. Breadcrumbs yang fungsinya untuk menampilkan lokasi penggunaan di situs atau aplikasi web.
  6. Permalinks yang berfungsi untuk memudahkan masuk pada halaman maupun post dari website.
  7. Meta Robot yakni kode untuk memerintahkan robot mesin pencari menemukan website Anda.
  8. Google snippet
  9. Fitur analisis

Kesimpulan

Bagaimana mudah bukan menggunakan plugin Yoast. Ada satu plugin SEO lagi nih yang lagi populer yaitu Rank Math, Website Etigos juga menggunakan plugin Rank Math karena kemudahan dan melimpahnya fitur di versi gratis.

Anda bisa membaca Artikel cara menggunakan plugin Rank Math di WordPress. Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan plugin Yoast. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar