Cara Menggunakan Python di Windows

Cara menggunakan Python di Windows sebenarnya sangalah mudah. Cara instalasinya pun tidak jauh berbeda ketika Anda menginstal Windows. Kendati demikian, bukan berarti Anda bisa menginstalnya secara asal-asalan tanpa mengatur konfigurasinya. Sebab konfigurasi yang tidak diatur secara benar akan membuat perintah Python tidak dapat dikenali di CMD.

Sebelum membahas lebih dalam lagi kita harus tau itu apa itu bahasa program Python dan cara kerjanya.

Apa Itu Bahasa Program Python?

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diracik oleh Guido van Rossum. dan pertama kali dirilis pada tahun 1991.

Dari tahun 1991 hingga sekarang bahasa Python sudah banyak sekali digunakan pada berbagai macam program, seperti: Program GUI, Aplikasi Mobile, Program CLI, Web, IoT, Game, dan bahkan juga digunakan untuk hacking.

Python sendiri merupakan bahasa program yang paling mudah dipahami dari bahasa program lainnya karena struktur sintaknya rapi dan sangat mudah sekali dipahami bagi pra pemula programmer.

Dan mungkin Anda masih bertanya kenapa sih harus belajar bahasa program Python, kenapa ga belajar bahasa program lain. Nah untuk menjawab semua itu mungkin Anda akan paham setelah melihat gambar dibawah ini.

Gimana masih kurang paham juga kenapa harus belajar bahasa program Python. Kalau kita lihat baik-baik dari gambar diatas bahwa dengan menggunakan bahasa program lain seperti C++ dan Java kita perlu menulis baris code yang panjang untuk memunculkan kalimat “Hellow World”, sedangkan dengan menggunakan Python kita hanya perlu menulis print "Hello Word".

Keunggulan Python untuk Membuat Aplikasi

Banyak orang menggunakan Python karena keunggulan yang ditawarkan. Meskipun tidak sepopuler Java ataupun bahasa pemrograman lainnya, tak ada salahnya Anda belajar menggunakan Python.

Mudah dipelajari

Salah satu keunggulan dari Python adalah bahasa pemrograman yang cenderung mudah dipelajari dibanding lainnya. Bahasa pemrograman Python juga terbilang dinamis. Hal ini dikarenakan sintaks Python yang cukup sederhana.

Mudah diaplikasikan

Keunggulan kedua dari Python adalah bahasa pemrograman yang lebih mudah diaplikasikan untuk membuat website, aplikasi, hingga video game sekalipun. Selain itu, tingkat keterbacaan kodenya pun terbilang tinggi.

Fleksibel

Python terbilang fleksibel karena dapat digunakan pada aplikasi Windows, Mac OS X, Unix, dan lain sebagainya. Bahkan, Python dapat dioperasikan pada perangkat seluler.

Cara Menggunakan Python di Windows

Untuk memulai cara menggunakan Python kita harus menginstallnya terlebih dahulu di windows kita dengan cara seperti dibawah ini.

Unduh Python untuk Windows

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh Python untuk sistem Windows. Anda bisa megunduhnya secara gratis di situs resmi Python. Karena terdiri dari beberapa versi, pilihlah Python dengan versi yang sesuai dengan sistem operasi Anda.

Sementara itu untuk pengguna Linux dan OS X, Anda tak perlu melakukan pengunduhan. Karena sistem operasi ini telah dilengkapi dengan Python.

Buka file Python dan lakukan instalasi

Pada saat mulai penginstalan, Anda akan diminta untuk memilih siapa saja yang dapat menggunakan Python. Untuk pengaturan semua user di komputer tersebut, maka pilihlah Install for all users. Selanjutnya, tentukan lokasi yang akan diinstall.

Setelah memilih lokasi penginstalan, Anda akan dibawa ke tahap kostumisasi dengan menentukan fitur mana yang akan diinstal. Nah, supaya perintah Python dapat dikenali oleh CMD, akifkan Add python.exe o path. Jika sudah, maka instalasi Python telah selesai

Pasanglah editor teks

Tahap ini bisa dibilang opsional. Sebab Anda sebenarnya bisa membuat program Python dari TextEdit maupun Notepad. Meski begitu, untuk memudahkan Anda dalam membaca dan menulis kode, Anda bisa menggunakan editor teks seperti Notepad++ untuk Windows.

Uji instalasi

Setelah instalasi selesai, cara menggunakan Python selanjutnya adalah dengan melakukan uji instalasi. Pada sistem operasi Windows, bukalah Command Prompt dan ketikkan python. Aplikasi akan dimulai dan Anda akan mendapatkan tampilan nomor versinya.

Kesimpulan

Nah, itulah cara menggunakan Python dan keunggulannya, bagaimana mudah bukan belajar bahasa program Python. Untuk mengetahui penggunaannya pada perangkat seluler, Anda bisa mencari tutorial lebih lanjut atau tutorial Android Studio.

Tinggalkan komentar