Cara Migrasi Dari Blogspot ke WordPress Dengan Mudah

Bagi pengguna Blogspot mungkin Ada yang ingin migrasi kalo ini Etigos akan memberikan cara migrasi dari Blogspot ke WordPress. Mungkin dengan memindahkan konten ke WordPress, website Anda bisa terlihat lebih profesional.

Perpindahan biasanya dilakukan dari Blogspot ke WordPress. Maka dari itu, perlu untuk Anda mengetahui cara migrasi dari blogspot ke WordPress tanpa harus merubah apa yang selama ini sudah Anda bangun dengan penuh usaha dan kerja keras.

Persiapan yang Perlu Anda Lakukan

Dalam melakukan cara migrasi dari blogspot ke WordPress, terdapat beberapa hal yang perlu untuk Anda persiapkan terlebih dahulu. Hal ini nantinya akan mempermudah Anda untuk mempermudah proses migrasi.

Pertama yaitu Anda perlu untuk mempersiapkan akses untuk halaman admin di Blogger. Akses ini nantinya digunakan untuk memindahkan blog Anda tanpa ada kurang sedikitpun. Kedua, yaitu akses halaman admin WordPress.

Sebelum melakukan pemindahan, Anda perlu untuk memiliki akun admin terlebih dahulu agar proses migrasi dapat dilakukan dengan cepat dan tepat tanpa adanya trafik yang berkurang.

Cara untuk Memindahkan Blogspot ke WordPress

Berikut ini merupakan cara migrasi dari blogspot ke WordPress yang dapat Anda gunakan, diantaranya:

  1. Login ke admin Blogger dan pilih blog mana saja yang ingin Anda pindahkan.
  2. Cari menu Setting dan klik pada Other. Kemudian, klik menu Backup Content. Nanti Anda akan mendownload file dengan format .xml.
  3. Login ke admin WordPress dan cari menu Tools, kemudian klik Import. Anda hanya perlu untuk memasang alat untuk import Blogger.
  4. Setelah muncul Run Importer, klik dan cari file yang tadi Anda unduh. Pilih Upload file and import, lalu tunggu hingga proses migrasi selesai.

Setelah selesai memindahkan Blogger, saatnya Anda cara migrasi dari blogspot ke WordPress untuk bagian trafik yang sebelumnya sudah didapatkan. Caranya yaitu dengan melakukan redirection dari Blogspot ke WordPress. Langkah yang dapat dilakukan yaitu

  1. Caranya yaitu dengan memasang plugin WordPress terlebih dahulu.
  2. Cari Tools pada bagian halaman admin dan klik Blogger to WordPress Redirection
  3. Pada menu plugin nanti akan muncul menu Start Configuration dan klik. Setelah itu Anda akan mendapatkan kode untuk dipasang di Blogger.
  4. Login ke admin pada Blogger dan klik Revert to classic templates.
  5. Ganti kode HTML dengan kode yang tadi sudah muncul dan klik Save Template.
  6. Klik Verify Configuration pada plugin dan cek apakah trafik sudah berjalan seperti yang Anda inginkan.
    Cukup mudah, bukan? Semoga ara migrasi dari blogspot ke WordPress dapat membantu Anda untuk semakin mengembangkan blog yang digunakan.

Kesimpulan

Mudah bukan memindahkan web Anda dari Blogspot ke WordPress. Oh iya sebelum memindahkan web Anda ke WordPress alangkah baiknya Anda mempertimbagkan untuk memilih VPS atau Shared Hosting.

Tinggalkan komentar