Langkah Mudah Membuat Website WordPress dengan Mudah

Anda yang sudah sering berkutat dengan dunia blogging tentu sudah tidak lagi asing dengan membuat website WordPress. Platform satu ini merupakan yang cukup populer dan sering digunakan karena kemudahannya dalam membuat website serta kelengkapan fitur yang dimiliki.

Tidak hanya untuk penulis perorangan saja, tetapi banyak pula perusahaan atau merek ternama menggunakan platform ini untuk membantu membuat website mereka. Terutama untuk Anda yang ingin mulai menulis, perlu untuk mengetahui cara membuat website WordPress dengan mudah.

Apalagi pada dunia yang serba digital ini, banyak orang yang lebih memilih untuk memanfaatkan google dalam mencari informasi terbaru terkait hal yang menarik minat mereka. Penggunaan WordPress dapat membantu menaikkan traffic ke dalam artikel yang Anda buat.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Sebelum membahas lebih lanjut terkait dengan cara membuat website WordPress, Anda perlu mengetahui bahwa platform ini memiliki dua jenis. Pertama, yaitu WordPress.com merupakan platform yang gratis dan Anda cukup mendaftarkan akun untuk dapat mengaksesnya.

Anda dapat memilih domain mana yang cocok untuk digunakan. Jika Anda menggunakan jenis ini, nantinya domain akan tertulis seperti www.namadomainanda.wordpress.com. Namun, fitur yang ada pada domain ini nantinya akan terbatas, tetapi sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin belajar untuk mengelola blog.

Jenis platform yang kedua yaitu WordPress.org yang merupakan bentuk premium dari jenis yang pertama tadi. Fitur yang dimiliki juga lebih lengkap dan Anda dapat mengelola website lebih bebas. Berbeda dengan jenis yang pertama tadi, Anda dapat membeli domain yang digunakan dan dengan mudah melakukan kustomisasi terhadap website yang Anda miliki. 

Cara Membuat Website WordPress Hingga Selesai

Bagi Anda yang masih pemula, di sini akan dijelaskan mengenai cara membuat website WordPress dengan menggunakan WordPress.com. Berikut langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat website:

  1. Pastikan bahwa Anda memiliki email aktif yang nantinya akan digunakan untuk membuat akun.
  2. Buka laman WordPress.com kemudian klik Mulai situs web Anda.
  3. Daftarkan akun Anda dengan menggunakan alamat email, nama pengguna yang Anda inginkan, dan juga kata sandi. Jika Anda tidak mau kerepotan untuk memasukkan ketiga hal tersebut, dapat menggunakan pilihan Lanjutkan Google yang berada di bagian bawah.
  4. Anda akan mendapatkan empat pilihan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat memilih antara Blog, Business, Professional, atau Online Store.
  5. Masukkan kategori yang sesuai dengan tujuan dari blog Anda.
  6. Masukkan penjelasan singkat terkait dengan blog yang akan Anda gunakan berdasarkan kategori tadi. Bagian ini nantinya masih dapat diedit ketika blog sudah selesai dibuat.
  7. Masukkan domain yang Anda inginkan dan klik Free jika Anda ingin menggunakan layanan tidak berbayar.
  8. Anda dapat klik bagian Start with a free site jika berencana menggunakan tanpa harus membayar.
  9. Konfirmasi akun melalui email yang masuk pada inbox.
  10. Website sudah siap untuk Anda gunakan.

Selamat ngeblog dan jangan lupa untuk rajin mengisi konten Anda supaya blog tetap update.

Kesimpulan

Mudah bukan untuk memahami cara membuat website WordPress? Anda dapat meningkatkan traffic dalam blog dengan menggunakan teknik SEO. Anda juga dapat menghasilkan uang dengan mencari cara daftar Adsense dan menanamkan iklan pada blog. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar