Memahami Perbedaan VPS dan Shared Hosting Dengan Mudah

Untuk mengetahui perbedaan VPS dan Shared Hosting itu sangatlah mudah, tapi bagi pemula pasti bingung dengan apa sih perbedaan VPS dan Shared Hosting. Dalam membuat website, mencari hosting web yang tepat merupakan salah satu keharusan agar pengelolaan website Anda juga menjadi lebih mudah.

Maka dari itu, demi memaksimalkan penggunaan website dan agar mendapatkan cara daftar Adsense pula, mengetahui apa saja jenis dan perbedaan dari berbagai hosting web ini dapat membantu.

Beberapa hosting web yang cukup sering digunakan yaitu VPS dan shared hosting. Namun, keduanya yang bisa dikatakan hampir mirip ini dapat membuat Anda menjadi bingung untuk menentukan pilihan.

Maka dari itu, mengetahui perbedaan vps dan shared hosting dapat membantu untuk mempermudah Anda dalam mengelola website.

Memahami Apa VPS dan Shared Hosting

Sebelum beranjak jauh untuk membahas perbedaan vps dan shared hosting, mengenal keduanya perlu untuk dilakukan.

VPS atau Virtual Private Server merupakan web hosting yang berasal dari satu server fisik saja dan baru terbagi ke dalam server virtual yang skalanya lebih kecil. Anda sebagai pengguna VPS mendapatkan kendali penuh atas web hosting yang digunakan.

Hal ini membuat Anda memiliki akses terhadap seluruh aspek yang ada, termasuk juga setting. Sementara shared hosting adalah layanan web hosting yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan VPS karena Anda menggunakan satu server secara bersamaan dengan pengguna yang lainnya.

Anda tetap mendapatkan resource, namun hanya dapat digunakan secara terbatas karena penggunaannya harus dibagi.

Perbedaan VPS dan Shared Hosting

Baik memilih VPS maupun shared hosting sama-sama baik karena penggunaannya bergantung terhadap kebutuhan website Anda.

Biasanya untuk website yang sifatnya penggunaan untuk pribadi akan menggunakan shared hosting, sementara website untuk penggunaan dalam skala luas seperti toko online menggunakan VPS.

Untuk dapat memastikan jenis mana yang cocok, Anda dapat mengetahui perbedaan vps dan shared hosting misalnya pada pembagian sumber daya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, shared hosting akan membagi sumber daya dengan pengguna lainnya.

Kelemahannya adalah jika satu web menggunakan sumber daya berlebih, maka web lainnya juga akan terkena dampaknya. Sementara VPS tidak ada pembatasan dalam penggunaanya karena satu web memegang satu server tanpa harus berbagi dengan pengguna lainnya.

Pada dasarnya, baik shared hosting maupun VPS memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi. Namun, pada shared hosting meskipun sudah menggunakan proteksi, jika satu web melakukan pelanggaran maka keamanan situs lainnya yang berada pada satu server juga akan terkena dampaknya.

Sementara itu, pada VPS Anda dapat memberikan proteksi setinggi mungkin karena Anda bersaing dengan keamanan server lain. Di sisi lain, dari segi harga memang lebih murah menggunakan shared hosting. Namun, hal ini kembali lagi kepada kebutuhan yang Anda miliki.

Kesimpulan

Dari penjelasan terkait perbedaan vps dan shared hosting di atas, apakah Anda sudah memutuskan untuk menggunakan web hosting jenis mana? Pastikan bahwa server dapat memenuhi kebutuhan Anda, setelah mengetahui pilihan Anda waktunya cara install WordPress di VPS ataupun Share Hosting.

Oh iya sekedar info beberapa website yang Etigos kelola juga sudah menggunakan VPS dari DigitalOcean dan Vultr karena Etigos sudah mengunji server mereka yang mempuni untuk menghendel traffik dari website yang Etigos kelola. Untuk server Indonesia Anda mungkin bisa mencoba VPS IDCloudHost.

Tinggalkan komentar