Mengapa Harus Belajar Unreal Engine 4?

Banyak orang memandang platform Unreal Engine 4 sebagai tool membuat game. Tapi tahukan Anda bahwa engine ini bisa digunakan lebih dari itu? Menggunakan UE4, Anda bisa membuat animasi, 3D modelling dan bahkan membuat aplikasi.

Karena banyak fungsi ini, Anda yang ingin berkutat pada dunia informasi teknologi ataupun pembuatan program, wajib belajar soal engine ini. Jika Anda masih tidak yakin, mari bahas berbagai kelebihan lain dari Unreal Engine 4:

Gratis (Free)

Hal lain yang menyebabkan populernya Unreal Engine 4 adalah aksesnya yang gratis. Untuk para pemula, Anda bisa coba engine ini secara trial dan menggunakan versi Lite. Anda bahkan bisa menghubungi pihak Unreal Engine untuk kebutuhan edukasi.

Banyak sekolah – sekolah yang mendapatkan program ini secara gratis. Biasanya program ini diberikan pada club komputer untuk keperluan latihan dan mengembangkan interest siswa. Karena aksesnya yang mudah dan tanpa biaya ini, tentu popularitas Unreal Engine makin menyebar.

Mudah Digunakan

Menggunakan Unreal Engine bisa dibilang cukup mudah. Banyak tutorial Unreal Engine 4 sudah tersedia dan kebanyakan memberikan layer informasi yang lengkap. Penggunaan engine ini sangat bebas dan memang mudah, tapi bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.

Karena kemudahan ini, tidak aneh banyak developer menggunakannya. Jika Anda ingin jadi developer dan programmer, wajib belajar ini dulu agar bisa ambil kerjaan dengan mudah. Karena mudah, Anda juga tidak perlu repot keluar uang hanya untuk belajar UE 4 ini.

Banyak Add-On dan Tool yang Compatible

Unreal Engine 4 sudah ada sejak lama. Karena umum digunakan, tool tambahan dan add-on yang bisa dipakai juga sudah tersedia. Mulai dari masalah pengembangan AI, physic sampai pembuatan model 3D, toolnya sudah tersedia.

BACA JUGA:  12+ Control Panel VPS Terbaik 2021 (Gratis dan Berbayar)

Menggunakan tool tambahan ini, Anda bisa dapatkan hasil yang lebih advance. Contoh saja saat membuat animasi 3D tapi dengan menggunakan efek Cel Shading agar tampil 2D. Hal ini perlu tool khusus dan sudah tersedia untuk UE 4.

Untuk kebutuhan mengembangkan aplikasi, Anda bahkan bisa padukan ini dengan platform seperti Android Studio. Biasanya tutorial Android Studio ada yang memberi arahan khusus tentang ini. Walaupun niche, Anda tetap bisa gunakan UE 4.

Cocok Untuk Berbagai Platform

Hal lain yang membuat Unreal Engiine menjadi pilihan adalah kegunaannya di berbagai platform. Anda bisa pakai engine ini untuk Android, Playstation, Xbox, Nintendo dan komputer. Anda bahkan bisa kembangkan engine ini untuk emulator jika perlu.

Karena bisa digunakan untuk banyak hal, Anda yang belajar penggunaan Unreal Engine 4 bisa lebih fleksible. Ingin game untuk Android yang juga bisa dimainkan di PC? Engine ini bisa cocok untuk dua – duanya.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda? Apakah jadi tertarik belajar unreal engine 4? Anda bisa jadi developer game ataupun animasi dengan alat ini. Tunggu apa lagi? Segera download dan coba belajar dan praktik sendiri. Prosesnya tidak susah kok!

Tinggalkan komentar