Panduan Cara Daftar Adsense, Mudah dan Pasti Diterima!

Dengan mengetahui cara daftar Adsense, Anda bisa meraup penghasilan yang besar lewat internet. Saat ini, Anda barangkali sudah sering melihat orang-orang yang sukses meraup penghasilan jutaan lewat internet, termasuk dengan memanfaatkan Adsense. Hal tersebut memang benar-benar nyata, alias bukan bohongan saja, lho!

Akan tetapi, sebelum Anda bisa mendapatkan uang lewat Adsense, Anda jelas harus tahu bagaimana caranya mendaftar Adsense terlebih dahulu. Dan tenang saja, karena pilihan pembayaran dari Adsense lebih beragam jadi Anda tidak harus melakukan pendaftar PayPal untuk menerima pembayaran dari Adsense.

Tentang Google Adsense

Adsense alias Google Adsense merupakan platform iklan yang disediakan oleh Google. Siapapun bisa menggunakan layanan Adsense ini selama ia memiliki website atau blog yang aktif (online), atau memiliki channel YouTube. 

Jadi, kalau Anda belum punya blog atau website, Anda bisa cek cara membuat website WordPress dulu untuk membuat blog atau website Anda sendiri. Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan uang sebagai content creator di YouTube, cek dulu cara daftar Youtube Studio dan praktikkan, baru kemudian daftarkan web atau chanel Youtube Anda di Adsense.

Sebagai pemilik website, blog, atau channel Youtube, maka platform Anda tersebut akan dipasangi iklan oleh Google. Kemudian, Anda akan mendapatkan bayaran dari Google setiap kali iklan yang dipasang tersebut diklik ataupun dilihat oleh pengunjung. Inilah yang disebut dengan istilah monetisasi.

Oh iya, Anda tak perlu khawatir terlepas dari apakah Anda menggunakan platform blog dari Blogspot atau WordPress. Artinya, Anda tak perlu cari cara migrasi dari Blogspot ke WordPress dulu agar bisa memonetisasi blog Anda, karena intinya yang penting Anda punya blog atau website agar bisa menggunakan layanan Adsense.

Cara Mendaftar Google Adsense

Lalu, bagaimana ya cara daftar Adsense? Pada dasarnya, caranya mudah. Dan karena Adsense ini adalah platform dan layanan dari Google, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan akun Gmail ketika mendaftar. Jadi, prosesnya akan jauh lebih mudah, sama seperti ketika Anda mencoba cara daftar aplikasi Zoom langsung menggunakan akun Gmail.

Untuk cara lengkapnya, yuk simak tahapan langkah untuk mendaftar di Adsense agar Anda bisa memonetisasi blog, website, maupun channel YouTube Anda.

Buat Akun Adsense

Pertama, buat dulu akun Adsense Anda. Untuk mendaftar Adsense dan membuat akun di sana, kunjungi halaman resmi Google Adsense di https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/, kemudian klik tombol Mulai.

Setelah mengklik tombol tersebut, Anda akan dibawa ke halaman baru yang menampilkan sebuah formulir registrasi. Isilah data-data yang diminta, termasuk alamat website atau blog yang akan Anda monetisasi, serta alamat email Anda yang masih aktif. Klik Simpan dan Lanjutkan.

Halaman berikutnya adalah verifikasi ulang. Anda hanya perlu cek kembali data-data yang ada, lalu klik tombol Buat Akun yang ada di bagian paling bawah. Pada tahap ini, akun Adsense Anda sebenarnya sudah jadi. Bagaimana, mudah sekali bukan.

Aktifkan Akun Adsense

Akan tetapi, akun Adsense Anda belum bisa dipakai kalau belum Anda aktifkan. Oleh karena itu, langkah berikutnya adalah mengaktifkan akun Adsense, yang juga tak kalah mudahnya.

Begitu Anda menyelesaikan proses pendaftaran, Anda akan dibawa masuk ke halaman dashboard Google Adsense. Pada halaman tersebut, masukkan semua informasi yang diminta oleh Google, ya.

Pastikan bahwa Anda memasukkan alamat tempat tinggal dengan benar. Sebab, informasi ini dibutuhkan dalam proses pencairan pembayaran yang Anda terima dari Google nantinya. Kalau alamatnya tidak sesuai, yang ada Anda malah tidak akan pernah mendapatkan pembayaran dari Adsense.

Jika Anda sudah melengkapi proses aktivasi akun Adsense, klik tombol Submit. Kemudian, Anda perlu menyalin kode yang ditampilkan halaman yang Anda buka. Kode tersebut merupakan identitas Adsense Anda.

Setelah disalin, tempelkan (paste) ke blog atau website Anda. Pastikan pula kodenya sama alias tidak ada yang kurang, ya! Kalau keliru, pembayaran dari klik iklan tidak akan terekam dan tidak akan Anda terima.

Kalau sudah Anda tempelkan ke blog atau website, pastikan Anda mengklik tanda centang pada bagian “I’ve pasted the code into my site” untuk mengonfirmasi bahwa Anda memang sudah menambahkan kode tersebut.

Dengan begitu, Adsense dapat mengecek dan melakukan audit website untuk benar-benar memastikan bahwa Anda memang telah memenuhi syarat untuk mengaktifkan akun Adsense atau belum.

Apabila semua langkah aktivasi akun Adsense sudah Anda lakukan, klik tombol Selesai untuk melanjutkan. Apabila proses aktivasi sudah berhasil, Anda akan mendapatkan informasi dari Google, baik melalui email atau pada dashboard Google Adsense Anda. 

Setelah akun Adsense Anda selesai dibuat dan diaktifkan, Anda sudah bisa memasang iklan dan memonetisasi website atau blog yang Anda punya.

Oh iya yang perlu diingat setelah Anda terdaftar sebagai pengiklan Adsense, Anda akan melakukan bagi hasil dengan Google sebesar 68%. Dan jika Anda ingin melakukan penarikan ada batasan sebesar 1 juta rupiah untuk penarikan minimum Adsense.

Cek di sini untuk cari tahu perbedaan VPS dan share hosting untuk menghostingkan blog atau website Anda agar performanya selalu maksimal.

Selain Cara Daftar Adsense, Anda juga harus mengetahui mengapa Anda harus menggunakan Adsense.

Mengapa Menggunakan Adsense?

setelah mengetahui bagaimana cara daftar Adsense sekarang Anda perlu tahu kenapa Etigos merekomendasikan untuk menggunakan Adsense dalam memonetisasi website atau blog Anda. Berikut ini adalah berbagai keuntungan yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan layanan Adsense.

Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Tentunya, mendaftar Adsense memberikan Anda kesempatan untuk memperoleh penghasilan tambahan dari internet. Dengan begitu, website atau blog Anda juga bisa jadi lebih bermanfaat karena bisa jadi sumber penghasilan tambahan Anda.

Dan seiring dengan meningkatkan popularitas website atau blog Anda, plus nilai iklan yang meningkat, besar penghasilan yang Anda terima juga ikut bertambah, lho! Semakin populernya website Anda, maka banyak sekali tangan jahil yang ingin melakukan hacking ke website Anda.

Anda bisa mencoba cara mengamankan website dari serangan hacker agar website Anda semakin kuat dan tidak menggagung penghasilan dari website Anda.

Iklan Yang Relevan Dengan Isi Konten Web Anda

Apakah iklan yang dipasang di blog atau website Anda adalah sembarang iklan? Tentu saja Google tidak sembarangan memasang iklan di website atau blog Anda. Sebab, iklan yang dipasang adalah iklan yang sesuai dengan konten blog atau website Anda, maupun profil pengunjung yang datanya sudah direkam oleh Google.

Misalnya, ada iklan cara download video TikTok jika halaman blog yang dibuka memang sedang membahas TikTok, atau pengunjung termasuk dalam target audiens TikTok.

Penyesuaian Bentuk dan Ukuran Iklan

Iklan yang dipasang di blog Anda juga disesuaikan bentuk maupun ukurannya agar sesuai dengan ruang iklan yang sudah Anda atur lewat dashboard Google Adsense.

Dengan begitu, iklan tersebut tidak akan merusak layout website atau blog yang sudah Anda rancang sedemikian rupa agar menarik dan nyaman dijelajahi pengunjung.

Mendapatkan Laporan dan Statik Lengkap

Pada dashboard Google Adsense, Anda juga bisa temukan fitur statistik dan analisis yang lengkap terkait dengan kunjungan dan penghasilan yang diperoleh website atau blog Anda dari iklan. Semua informasi tersebut tersedia secara mendetail.

Termasuk jumlah klik, jumlah penghasilan tiap klik, total penghasilan, dan sebagainya. Bahkan, ada juga fitur keamanan agar Anda bisa memblokir konten iklan yang tidak Anda inginkan.

Kesimpulan

Dari topik diatas kita bisa ambil kesimpulan bahwa untuk cara daftar Adsense itu tidak lah susah hanya dengan beberapa kali klik saja Anda sudah bisa mendaftar sebagai patner dari Google Adsense.

Nah, itulah rangkuman mengenai apa itu Google Adsense, cara daftar Adsense, serta keuntungan menggunakan layanan ini.

Tinggalkan komentar