Pentingkah Belajar Menggunakan Laravel Untuk Developer?

Belajar menggunakan Laravel memang sangat bagus apalagi Laravel sekarang sudah banyak sekali digunakan oleh developer untuk mengembangkan website maupun aplikasi yang mereka kerjakan.

Bagi seorang developer tidak ada salahnya untuk belajar menggunakan Laravel lebih lanjut karena bahasa program yang satu ini dipercaya sangat ringan dan powerfull. Mengapa harus Laravel? Pertanyaan ini sering muncul dan menjadi perdebatan bagi para developer.

Sebenarnya, penggunaan Laravel sudah sangat membantu. Karena bisa membuat hal seperti authentication, routing, sessions dan caching lebih mudah, Anda tidak perlu mendesain hal ini secara manual lagi.

Kelebihan Belajar Menggunakan Laravel

Kemudahan penggunaan bukan satu – satunya kelebihan belajar menggunakan Laravel. Untuk mengetahui kelebihan lainnya, mari bahas di sini:

Mengurai Tingkat Kerumitan

Laravel membuat developer harus membagi setiap bagian code menjadi kecil – kecil. Karena menjadi bagian kecil, tingkat kompleksitas code akan menjadi lebih ringan. Untuk kebutuhan proses pemeriksaan, hal ini jauh lebih baik.

Membuat Code Lebih Rapi

Laravel memaksa para developer menyusun code secara lebih rapi. Tanpa proses merapikan code, Laravel tidak akan bisa diproses baik. Karena keharusan ini, aplikasi yang dibuat akan lebih efisien dan mudah digunakan.

Mempermudah Pencarian Bug

Karena membuat code lebih rapi dan teratur, Anda akan lebih mudah melakukan banyak test. Saat semua lebih mudah diperiksa karena rapi, tentu saja proses pencarian bug akan jauh lebih mudah.

Kebanyakan developer selalu luang waktu testing untuk hindari masalah. Jika menggunakan Laravel, proses cari bug bisa dipotong lebih cepat. Semakin rapi susunan code, makin jarang juga bug bisa terbentuk dari situ.

Punya Coding Guideline

Jika belajar tutorial menggunakan Laravel, Anda bisa pelajari guideline yang jelas. Guideline ini bisa membantu Anda mengetahui harus bagaimana menyusun code dan logic pada back-end. Jika sudah tahu, hal ini Anda akan lebih jarang membuat bug.

Laravel Sangat Penting di Pelajari

Karena banyak memberikan kelebihan, Anda wajib belajar hal ini. Belajar menggunakan Laravel biasanya terpisah, tapi harus dipelajari berdampingan dengan platform yang Anda gunakan. Tergantung platform development Anda, arahan tutorial bisa berbeda.

Laravel seperti yang dijelaskan di atas cocok dengan bahasa Ruby on Rails, ASP.NET MVC dan Sinatra. Karena itu, platform implementasi Laravel bisa di banyak tempat. Anda bisa saja belajar tutorial Android Studio dengan didampingi arahan Laravel untuk platform tersebut.

Jika sudah buat dari awal seperti ini, Anda tidak perlu lagi belajar banyak. Praktek yang terarah ini lebih baik daripada harus belajar general dan mengambil tutorial lagi untuk Laravel.

Kesimpulan

Untuk memahami lebih lanjut lagi tentang laravel silahkan kunjungi web-web tutorial yang menyediakan informasi lebih banyak dan bisa mengajarkan Anda lebih mendalam bagaimana cara menggunakan Laravel. Oh iya bukan hanya Laravel aja loh yang populer ada juga Codeigniter.

Sekian pembahasan tentang belajar menggunakan Laravel dan mengapa hal itu penting. Mudah – mudahan dengan penjelasan di sini, Anda tertarik mencoba web framework Laravel! Terima kasih sudah membaca!

Tinggalkan komentar