Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page?

Apa sih sebenarnya Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page. Untuk membahasa lebih lanjut kita mungkin sudah sering mendengar kata SEO, namun tahukah Anda bahwa ada dua jenis SEO yang kerap digunakan? Keduanya adalah SEO on page dan SEO off page. Lantas, apa bedanya SEO on page dan SEO off page? Simak penjelasan berikut ini!

Apasih Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Keduannya memiliki perbedaan yang sangat singnifikan untuk seo on page sendiri menyarankan kita untuk melakukan optimasi seo pada website kita sendiri, sedangkan untuk seo off page menyarankan kita untuk memperbanyak promosi serta backlink.

Untuk memahami perbedaan dari keduannya, Etigos sudah membuat penjelasan singkat dibawah ini untuk Anda baca secara mendetail.

SEO On Page

SEO adalah teknik yang digunakan sebagai cara meningkatkan peringkat website di Google. Salah satunya adalah SEO on page yang mana merupakan teknik optimasi yang dilakukan dalam website dengan mengoptimalkan konten dan hal teknis pada website. Ada beberapa komponen penting di dalam SEO on page, yakni:

Heading

Pada bagian judul biasanya memiliki huruf lebih besar dibandingkan bagian lain pada sebuah halaman. Judul mendapatkan peran yang lebih besar pula dibandingkan isi konten. Oleh karena itu ada banyak konten yang menggunakan judul clickbait agar dilirik oleh mesin pencari dan audiens.

Satu konten biasanya memiliki lebih dar satu judul yang dibagi dalam judul 1 (H1), judul 2 (H2) dan seterusnya. Pada setiap konten hanya ada satu judul 1 (H1), sementara judul lain dapat diatur sebagai sub judul.

Struktur URL

Website diibaratkan sebagai rumah dengan URL sebagai alamat. URL harusnya mengandung kata kunci agar mudah disarankan oleh mesin pencari. Struktur URL dapat dirancang dan ditata berdasarkan kategori halaman.

Alt Text untuk Gambar

Anda bisa menambahkan teks alternatif untuk semua gambar. Tindakan ini dapat membantu pembaca tunanetra dalam memahami konten pada situs Anda melalui gambar. Apa perbedaan SEO on page dan SEO off page dapat dilihat pada penjelasan selanjutnya.

Page Speed

Komponen ini berkaitan dengan kecepatan Google dalam menemukan dan mengakses halaman yang dicari. Apabila page speed optimal, maka situs Anda berpeluang menduduki peringkat atas pada halaman pencarian Google.

Konten Halaman

Konten situs Anda harus yang bermanfaat untuk pengunjung. Hal itu agar jumlah pengunjung meningkat dengan suatu topik yang relevan.

Mobile Friendliness

Website yang ramah dengan perangkat seluler akan dilirik oleh banyak penggunaan mengingat jumlah pengguna seluler yang semakin meningkat.

Internal Link

Link yang ditautkan dengan konten secara internal dari halaman lain yang relevan juga dapat meningkatkan peringkat situs.

SEO Off Page

SEO off page adalah teknik optimasi yang dilakukan diluar website. Fungsinya sama yakni untuk membuat website berada pada tingkat teratas pada mesin pencarian.

Komponen yang mendukung kinerjanya yakni:

  1. Backlink yang merupakan tautan link website Anda di situs web orang lain yang kontennya relevan.
  2. Domain Authority
  3. Promosi sosial : Facebook Ads, Google Ads, dan masi banyak lagi.

Kesimpulan

Jadi, jawaban dari apa perbedaan SEO on page dan SEO off page adalah SEO on page teknik yang dilakukan dari dalam sementara off page dari luar. Sekian penjelasan yang Etigos berikan semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar