Spesifikasi Lengkap Mi MIX Fold, Menggunakan Snapdragon 888

Xiaomi akhirnya meluncurkan smartphone lipat pertama mereka yang di sebut Mi MIX Fold. Hadirnya Mi MIX Fold melengkapi persaingan ponsel lipat yang sudah ada dipasar saat ini.

Ponsel ini diklaim bukan hanya hadir sekadar sifatnya yang dapat dilipat. Perangkat ini dilengkapi dengan kamera inovatif yang disebut Xiaomi sebagai “Lensa Cair (Liquid Lens)”. Bukan hanya itu saja Mi MIX Fold hadir dengan chipset powerfull saat ini yaitu Snapdragon 888.

Spesifikasi Mi MIX Fold

Mi MIX Fold hadir dengan spesifikasi yang sangat menawan dan smartphone ini masuk dalam kategori high-end. Anda juga bisa lihat spesifikasi lengkapnya di GSMARENA.

Layar Lipat

Kita mulai dengan fitur pertama dari Mi MIX Fold, fitur yang sangat menarik ini adalah layar lipatnya. Smartphone ini memiliki layar OLED berukuran 8,01 inci dengan rasio aspek 4:3 jika lipatannya dibuka dan layar ini sudah mendukung resolusi 2K dengan 60Hz refresh rate.

Mi MIX Fold

Sedangkan ketika layarnya dalam kondisi dilipat Anda mendapatkan layar OLED berukuran 6.52 inci dengan rasio 27:9. Berbeda saat lipatannya dibuka, ketika smartphone ini dilipat Anda bisa mendapatkan 90Hz refresh rate. Kecerahan layarnya sendiri bisa mencapai 600 nit dan dapat di buat maksimal hingga 900 nit.

Kedua layarnya ini sudah disematkan teknologi QHD+, HDR10+, dan juga Dolby Vision. Menurut Xioami, Mi MIX Fold menggunakan engsel berbentuk U yang 27 persen lebih ringan dari smartphone lipat yang sudah ada dipasaran saat ini.

Mi MIX Fold sendiri bisa dibuat sebagai smartphone maupun tablet. Dengan tampilan tablet Anda bisa menonton video dengan nyaman dan juga menggambar dengan lebih leluasa. Xioami juga menwarkan mode desktop dengan jendela yang dapat diubah ukurannya, Untuk mengaktifkan mode ini Anda tinggal mengusap tiga jari Anda diatas layar.

Kamera

Mari kita bahas sistem kamera lensa cair (liquid lens). Melalui launching perdananya, Xiaomi memperkenalkan sistem kamera lensa cair (liquid lens) inovatif pertama didunia. Sistem ini sendiri di sematkan pada kamera telefoto yang beresolusi 8MP.

Dalam istilah awam, ini adalah lensa fleksibel berisi cairan transparan yang dapat berubah bentuk seperti mata manusia. Lensa ini membantu kamera menyesuaikan pembesaran optik dari 3x menjadi 30x. Teknologi ini juga membantu lensa kamera mencapai jarak fokus minimum hingga 3cm yang memungkinkan menangkap objek yang jauh atau mengambil gambar makro.

Sedangkan untuk kamera utama Mi MIX Fold menyematkan kamera beresolusi 108MP + 13MP (Ultrawide) + 8MP (Makro). Xiaomi juga menyematkan teknologi ISP (Porsesor Sinyal Gambar) Surge C1 buatan mereka sendiri. Teknologi ini menjalankan algoritma 3A, Fokus Otomatis, Eksposur Otomatis, dan Kesimbangan Putih Otomatis.

Jeroan Mi MIX FOLD

Smartphone ini sudah menggunakan prosesor keluaran terbaru Qualcomm Snapdragon 888 SoC. Smartphone ini menjalankan OS Android 11 yang dibalut dengan MIUI 12.5. Untuk sektor RAM dan Penyimpanan smartphone ini memiliki 3 pilihan yaitu – 12GB + 256GB, 12GB + 512GB, dan 16GB +512GB. Untuk RAM sendiri mereka menggunakan jenis LPDDR5 dan penyimpanan menggunakan teknologi UFS 3.1.

Dibagian baterai smartphone ini ditenagai baterai sebesar 5020mAh yang dibagi menjadi dua sel yang masing-masing sel memiliki daya 2.460mAh. Untuk sektor pengecasan Mi MIX Fold sudah mendukung pengisian menggunakan kabel sebesar 67W dan juga sudah support Wireless Charging. Smartphone ini diklaim Xiaomi mampu mengisi baterai dari 0% hingga 100% dalam waktu kurang dari 37 menit.

Smartphone ini sudah dilengkapi dengan sistem pembuangan panas yang sangat mumpuni. Sistem pembuangan panasnya sendiri bukan hanya membuang panas pada bagian prosesor saja tapi juga di bagian baterai dan antena.

Quad-Speaker Harman Kardon

Mi MIX Fold memiliki pengaturan quad-speaker besutan harman kardon dan ini menandakan bahwa hanya ponsel lipat buatan Xiaomi yang mendukung teknologi ini. Menurut Xiaomi ada empat speaker 1.216 super linier yang 40 persen lebih keras dari speaker di Mi 10 Pro. Fitur lain dari smartphone ini ada konektivitas 5G, dual-band Wi-Fi 6, Bluetooth v5.2, GPS, dan port USB type C.

Harga

Mi Mix Fold baru akan dijual di pasar China pada 16 April mendatang. Namun, Xiaomi telah membuka sesi pemesanan (pre-order) sejak 30 Maret di China.

  • Mi MIX Fold varian 12GB + 256GB dijual dengan harga 9.999 Yuan (sekitar Rp 20,9 juta).
  • Mi MIX Fold varian 12GB + 512GB dijual dengan harga 10.999 Yuan (sekitar Rp 24.4 juta).
  • Mi MIX Fold varian 16GB + 512GB dijual dengan harga 12.999 Yuan (kira-kira Rp 27,2 juta).

Belum ada informasi lebih lanjut apakah ponsel lipat pertama Xiaomi ini akan dirilis untuk pasar global, termasuk Indonesia, apa tidak, sebagaimana.

Kesimpulan

Ini adalah smartphone lipat pertama Xiaomi untuk mengalahkan para pesaingannya dimana Xiaomi menyematkan teknologi-teknologi baru di Mi MIX Fold yang mana teknologi ini belum ada pada smatphone lipat dari vendor lain. Jadi menurut Anda apakah ini worth it untuk dibeli. Baca juga Daftar Ponsel Snapdragon 888 Terbaru.

Tinggalkan komentar