10 Cara Meningkatkan Peringkat Website di Google yang Efektif dan Terbukti Ampuh

Bagaimanakah cara meningkatkan peringkat website di Google? Pertanyaan ini sangat sering diajukan khususnya oleh para pemilik website pemula. Perlu diketahui, bahkan para website developer yang sudah lama berkecimpung di bidang ini juga masih perlu banyak belajar.

Hal ini dikarenakan sistem algoritma Google yang selalu berubah setiap waktu. Sehingga selalu mengupdate apa yang terbaru sangatlah penting demi kelangsungan website Anda.

Namun menariknya, ada beberapa cara yang cenderung tidak berubah atau hanya berubah sedikit sejak dahulu terkait dengan cara meningkatkan peringkat website di google. Salah satunya yang mungkin sering Anda dengar adalah tips SEO organik.

Selain itu, masih ada banyak cara lain yang perlu untuk dipraktikkan sehingga website Anda dapat nangkring di laman pertama Google. Tentunya, hal ini dapat meningkatkan traffic serta performa Google AdSense Anda. Berikut diantaranya.

Menulis Konten Yang Bagus Dan Optimal

Menulis Konten Yang Bagus Dan Optimal

Meskipun Anda telah mengikuti berbagai tips memilih jasa SEO, mungkin tidak akan ada artinya tanpa konten yang berkualitas.

Faktanya, dalam berbagai survei yang diikuti profesional pemasaran, 57% dari peserta mengatakan bahwa pengembangan konten yang baik adalah taktik SEO yang paling efektif.

Maka, pastikan konten Anda bebas dari kesalahan, menggunakan kata kunci yang tepat, optimasi konten untuk diakses melalui perangkat mobile, gaya bahasa yang menarik dan sebagainya.

Dan yang Anda perlu ingat konten adalah raja didalam website Anda jadi tanpa konten tidak mungkin peringkat SEO Anda akan meningkat.

Sehingga, sebelum mempelajari cara mengetahui DA & PA website serta cara optimasi skor, pastikan untuk mengetahui cara menulis konten yang bagus terlebih dahulu.

Meningkatkan User Experience Pada Website

Meningkatkan User Experience Pada Website

Menurut beberapa studi dan observasi, terdapat empat faktor utama untuk menempati peringkat teratas dalam Google ranking.

Faktor-faktor tersebut adalah kunjungan website, waktu dalam website, halaman per sesi, dan bounce rate. Keempatnya berkaitan langsung dengan user experience yang diberikan oleh website Anda kepada pengguna.

User experience ini sebenarnya cukup sederhana. Jika website Anda mudah diakses dan memberikan pengalaman menyenangkan atau memberikan informasi bermanfaat untuk, maka Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Para pengunjung  juga akan tinggal lebih lama di situs Anda dan mengunjungi lebih banyak laman.  Tentunya, hal ini akan meningkatkan peringkat website di Google.

Memiliki Banyak Backlink

Memiliki Banyak Backlink

Backlink atau tautan balik merupakan link baik di dalam situs Anda sendiri maupun dari situs lain ke situs Anda.

Metode ini merupakan salah satu faktor peringkat Google yang paling berbobot. Bahkan link yang masuk ke konten website Anda menunjukkan kualitas dari website tersebut.

Beberapa manfaatnya adalah meningkatkan traffic yang pada akhirnya mampu untuk meningkatkan peringkat penelusuran pada Google. Pastikan untuk mengetahui cara menanam backlink berkualitas demi optimasi SEO Anda.

Meningkatkan Kecepatan Halaman Anda

Meningkatkan Kecepatan Halaman Anda

Sebagai informasi, Google mulai menggunakan penilaian kecepatan khususnya kecepatan pada perangkat mobile sebagai faktor peringkat website.

Selain itu, meskipun dikatakan bahwa faktor ini hanya akan memengaruhi sebagian kecil situs, tentunya, akan lebih baik untuk memastikan kecepatan website Anda cukup baik.

Bagi pengguna WordPress, Anda dapat mempelajari hal ini pada SEO tips wordpress terlebih dahulu agar Anda mengerti bagaimana cara meningkatkan peringkat website di Google.

Memperbaiki Tautan Yang Rusak

Memperbaiki Tautan Yang Rusak

Tips berikutnya dalam cara meningkatkan peringkat website di Google adalah dengan cara memperbaiki tautan atau link yang rusak.

Perlu diketahui bahwa memiliki tautan berkualitas di situs web Anda adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan SEO. Bahkan, link-link tersebut sebenarnya berkaitan langsung dengan performa traffic pada website serta dapat membangun otoritas situs Anda.

Sebaliknya, link bermasalah akan menimbulkan dampak negatif yang lebih serius. Contohnya, link yang memunculkan Error 404 akan merusak user experience dan peringkat pencarian Anda. Untuk mengatasinya, gunakan tools seperti BrokenLinkCheck atau Dead Link Checker.

Tools tersebut bekerja untuk menemukan tautan yang rusak. Setelah menemukannya, pastikan untuk memperbaikinya segera. Lebih lanjut, Anda dapat mempelajari Apa itu backlink dan apa fungsinya untuk Meningkatkan Peringkat Website di Google.

Mengoptimalkan Pencarian Lokal

Mengoptimalkan Pencarian Lokal

Pengoptimalan pencarian lokal merupakan salah satu trik SEO yang paling tepat jika website Anda digunakan untuk pemasaran dan promosi bisnis.

Ya, semakin banyak orang menggunakan perangkat mereka untuk menelusuri bisnis “di dekat saya”, maka peluang peringkat Google untuk website Anda juga akan semakin meningkat. Tentunya, hal ini juga akan berpengaruh baik untuk bisnis Anda.

Untuk meningkatkan peluang bisnis Anda muncul di penelusuran lokal yang relevan, pastikan Anda menggunakan listingan Google Bisnisku. Selain itu, Anda juga harus membuat dan memposting konten yang relevan di Google Post.

Hal ini membuat bisnis Anda terdaftar di direktori lokal, dan meningkatkan reputasi online Anda dengan ulasan online yang bagus.

Tool lain yang dapat dimanfaatkan untuk optimasi ini adalah dengan mengetahui cara menggunakan plugin Rankmath.

Mengoptimalkan Gambar Atau Video

Mengoptimalkan Gambar Atau Video

Tips berikutnya adalah mengoptimalkan gambar pada website Anda. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kecepatan situs Anda serta mempermudah Google untuk mengidentifikasi gambar pada halaman web.

Untuk itu, pastikan semua gambar pada website Anda sudah dikompresi ke ukuran yang tepat, memiliki nama file deskriptif, dan menyertakan teks alt. Akan lebih bagus lagi jika gambar-gambar tersebut original dan belum pernah dipakai di website lain.

Anda juga bisa merubah format gambar ke format terbaru yang disarankan seperti Webp, format gambar Webp di dikatakan mampu menigkatkan kecepatan loading website Anda dan tentunya juga akan meningkatkan peringkat website di google.

Menggunakan Tag Header H1 dan H2

Menggunakan Tag Header H1 dan H2

Di beberapa situs, Anda mungkin disarankan untuk memperkaya website Anda dengan mengetahui cara menggunakan plugin yoast. Namun sebelumnya, pastikan Anda juga menggunakan header yang tepat pada artikel-artikel yang dipost pada website.

Ya, header tidak hanya membuat konten Anda lebih mudah dibaca dan lebih mudah dipahami oleh para pembaca. Bahkan mesin pencari juga menyukai penggunaan header dalam artikel.

Selain itu, terdapat pula korelasi kuat antara peringkat pencarian Google dan penggunaan tag header di badan konten Anda. Tag header merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan struktur konten Anda serta menekankan poin-poin utama di dalamnya.

Mengoptimalkan Pencarian Suara

Mengoptimalkan Pencarian Suara

Di Indonesia, penggunaan pencarian suara mungkin tidak sebanyak di negara lain. Namun, tidak ada salahnya melakukan optimasi pencarian suara demi peringkat Google yang lebih baik.

Bahkan menurut sebuah laporan lebih dari 60% responden mengatakan bahwa penelusuran suara adalah metode yang bagus dan efektif untuk mengajukan pertanyaan di smartphone mereka. Kadang, orang-orang memang merasa malas untuk mengetik.

Oleh sebab itu, untuk mengoptimalkan bagaimana SEO bekerja, pastikan penelusuran suara tersebut menemukan website Anda dengan memasukkan kemungkinan frasa penelusuran suara ke dalam konten.

Selain itu, gunakan pula kalimat lengkap yang diutarakan dalam gaya percakapan yang natural daripada menggunakan kata kunci tunggal.

Memanfaatkan Kotak Cuplikan Unggulan

Memanfaatkan Kotak Cuplikan Unggulan

Saat pengguna memberikan kata kunci pada Google Search, Google terkadang mengquote konten dari website yang relevan dan menampilkannya dalam kotak cuplikan unggulan di atas hasil penelusuran. Maka, selain mengetahui apa perbedaan SEO on page dan SEO off page, Anda perlu jug untuk memanfaatkan cara ini.

Memasukkan konten ke dalam cuplikan unggulan adalah cara terbaik untuk meningkatkan traffic website. Caranya adalah dengan menyertakan tautan ke halaman asal konten. Fungsi lainnya adalah untuk meningkatkan kredibilitas dan visibilitas merek website yang Anda bangun.

Untuk meningkatkan peluang Anda memilih konten sebagai cuplikan unggulan oleh Google, Anda perlu memikirkan kemungkinan penelusuran yang terkait dengan website serta bisnis Anda. Pastinya, cara ini cukup efektif dalam cara meningkatkan peringkat website di Google.

Kesimpulan

SEO adalah kunci utama untuk meningkatkan peringkat website di Google, tanpa SEO tidak mungkin website Anda akan tampil dihalaman teratas Google.

Maka dari itu Etigos menyarankan Anda untuk belajar juga tentang SEO agar website Anda bisa merebut peringkat teratas di pencarian Google.

Tinggalkan komentar