Tutorial Visual Studio dan Fitur Pentingnya untuk Membuat Website

Untuk memulai tutorial Visual Studio kita harus mengenal dulu apa itu Visual Studio? Visual Studio merupakan salah satu editor yang banyak digunakan developer untuk mengembangkan software. Hal ini dikarenakan banyaknya ekstensi yang dapat diinstall oleh pengguna. Selain digunakan oleh profesional, Visual Studio juga cocok untuk pemula yang ingin mengembangkan softwarenya sendiri.

Menariknya lagi, aplikasi ini tidak hanya kompatibel dengan PC atau laptop saja. Namun juga bisa digunakan untuk coding android dengan Flutter. Berikut ini tutorial Visual Studio dan fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat tampilan website ataupun aplikasi jadi lebih menarik.

Cara Install Visual Studio Code

Cara menginstal Visual Studio tidak jauh berbeda dengan aplikasi pada umumnya. Anda perlu mengunduh aplikasi tersebut lewat website officialnya Microsoft Visual Studio.

Pada saat mengunduh, pilihlah versi yang sesuai dengan sistem operasi Anda. Apakah untuk sistem operasi Windows, Linux, ataupun sistem operasi Mac Os.

Jika sudah, jalankan file installer Visual Studio. Untuk sistem operasi Windows, penginstalan dapat dilakukan dengan double klik pada file.exe. Setelah aplikasi terinstal, jalankan Visual Studio tersebut. Pada sidebar sebelah kanan terdapat menu Customize yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan ekstensi bahasa pemrograman, template, maupun konfigurasi.

Jika Anda ingin menambahkan Python, maka klik Python pada menu Customize tersebut. Dengan menambahkan bahasa pemrogram, Anda akan lebih mudah melakukan proses coding berkat plugin yang ada.

Fitur Pada Visual Studio

Visual Studio menawarkan berbagai macam fitur yang memudahkan proses coding. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah

Commond Palette

Tutorial Visual Studio yang pertama akan membahas commond palette. Bagian ini menyediakan banyak akses perintah, seperti peinth membuka file, perintah editr, mencari file, dan masih banyak lagi.

Integrated Terminal

Salah satu keunggulan Visual Studio dibanding lainnya adalah kemampuannya dalam mengeksekusi script di editor secara langsung. Artinya, Anda tak perlu membuka terminal tambahan. Bahkan, Anda dapat berganti-ganti terminal maupun menjalankan beberapa terminal sekaligus untuk keperluan yang beragam.

Extensions

Kehadiran ekstensi akan memperluas kemampuan editor dan membantu developer dalam mengembangkan website maupun aplikasi. Anda bisa menekan tombol extensins pada sidebar sebelah kiri untuk membuka fitur ini.

Search

Fitur ini memudahkan Anda untuk mencari data secara cepat. Bahkan, Anda dapat melakukan pencarian hingga level konten pada website maupun aplikasi. Kecepatan fitur ini jadi keunggulan tersendiri pada Visual Studio.

Tutorial: Memulai dengan Visual Basic di Visual Studio .NET

Dalam tutorial untuk Visual Basic (VB) ini, Anda akan menggunakan Visual Studio untuk membuat dan menjalankan beberapa aplikasi konsol yang berbeda dan menjelajahi beberapa fitur lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) Visual Studio saat Anda melakukannya.

Jika Anda belum menginstal Visual Studio, buka halaman download Visual Studio untuk menginstalnya secara gratis.

Buat project

Pertama, membuat sebuah project di Visual Studio. Jenis project dilengkapi dengan semua file template yang Anda perlukan, bahkan sebelum Anda menambahkan apapun!

1. Buka Visual Studio. Di jendela mulai, pilih Buat project baru.

2. Di jendela Buat project baru, pilih Visual Basic dari daftar Bahasa. Selanjutnya, pilih Windows dari daftar Platform dan Konsol dari daftar jenis project.

3. Setelah Anda menerapkan bahasa, platform, dan filter jenis proyek, pilih template Aplikasi Konsol, lalu pilih Berikutnya.

5. Di jendela Informasi tambahan, .NET Core 3.1 seharusnya sudah dipilih untuk kerangka kerja target Anda. Jika tidak, pilih .NET Core 3.1. Kemudian, pilih Buat.

6. Anda sukses membuat project baru dan mari kita mulai buat aplikasi sederhana.

Buat aplikasi “What Is Your Name”

Mari buat aplikasi yang meminta nama Anda lalu menampilkannya bersama dengan tanggal dan waktu. Begini caranya:

  1. Dalam proyek WhatIsYourName, masukkan kode Visual Basic berikut segera setelah kurung buka yang mengikuti baris Sub Main(args As String()) dan sebelum baris End Sub:
Console.WriteLine(vbCrLf + "What is your name? ")
Dim name = Console.ReadLine()
Dim currentDate = DateTime.Now
Console.WriteLine($"{vbCrLf}Hello, {name}, on {currentDate:d} at {currentDate:t}!")
Console.Write(vbCrLf + "Press any key to exit… ")
Console.ReadKey(True)

Kode ini menggantikan pernyataan WriteLine, Write, dan ReadKey yang ada.

2. Gunakan tombol Start berwarna hijau, atau tekan F5 untuk membangun dan menjalankan aplikasi pertama Anda.

3. Saat jendela konsol terbuka, masukkan nama Anda. Jendela konsol Anda akan terlihat seperti gambar berikut:

Kesimpulan

Itulah cara install Visual Studio dan fitur yang menunjang proses coding agar lebih lancar. Dengan adanya aplikasi tersebut, Anda dapat mengembangkan aplikasi dan website dengan memilih bahasa pemrogaman tertentu yang sesuai dengan keahlian Anda.

Selain tutorial Visual Studio, Anda juga bisa mengembangkan aplikasi android dengan mudah. Untuk mengetahui cara lebih lanjut, Anda bisa membaca Tutorial Android Studio secara lebih lanjut.

Tinggalkan komentar